Skip to main content

Pertanyaan seputar teknologi



 Pertanyaan Seputar Teknologi


1. Apa yang dimaksud socket processor? 
Jawab :    
Socket processor adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.

2. Bagaimana cara mengatasi troubleshoot pada wifi di laptop? 

Jawab :
     - Buka Control Panel kemudian pilih Network and sharing center.

-Setelah itu pilih Change adapter setting.


-Lalu klik kanan pada Wireless Network Connection dan pilih Properties.


-Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4(TCP/IPV4).


-Setelah itu kita akan melihat tampilan detail IP address pada laptop kita.


-Kosongkan semua kontak IP Address dengan klik Obtain an IP address automatically.


-Setelah itu klik Ok.


3. Sebutkan jenis-jenis RAM! 

Jawab : 
-DRAM (Dynamic Random Access Memory)

-SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)


-RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)


-EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)


-FPM DRAM (First Page Mode DRAM)


-Flash RAM.



4. Apa perbedaan upgrade dan clean install? 

Jawab :
Upgrade adalah cara untuk mengganti software yang lama dengan software edisi atau versi baru yang berasal dari produsen yang sama. Sedangkan Clean install adalah salah satu cara menginstal sistem operasi (OS) yang akan menghapus sistem operasi dan seluruh file yang ada di dalam hardisk yang dipakai sebelumnya (misalkan hardisk C:) selama proses instalasi berlangsung.

5. Bagaimana cara merawat laptop dengan baik? 

Jawab : 
-jangan digunakan untuk bermain game berat

-jangan menaruh barang berat diatas laptop anda


- jangan menggunakan laptop terlalu lama. 


6. Apa kelebihan sistem operasi linux? 

Jawab :
Bersifat open source, lebih fleksibel. 

7. Apa yang dimaksud dengan motherboard? 

Jawab:
Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).

8. Bagaimana cara aktivasi windows 10? 

Jawab:
Apabila windows tersebut Original maka akan disediakan aktivasi produk saat pembelian, apa bila Windows nya bajakan bisa menggunakan KMS Auto.

9. Bagaimana cara mengatasi keyboard yang error? 

Jawab:
-lepas semua sambungan energi listrik

-lepas keyboard dari laptop


-lepas semua tombol keyboard


-semprot dengan hair dryer pada tombol yang rusak


-pasang kembali keyboard pada laptop. 


10. Apa yang dimaksud dengan VRAM/GPU? 

Jawab:
VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM.

11.Bagaimana cara membuat partisi baru? 

Jawab:
>Pertama buka start menu lalu ketikan “Disk management“, jika sudah keluar hasilnya klik.
Setelah terbuka akan terlihat daftar semua partisi yang ada di komputer kamu. Untuk membagi partisi klik kanan pada partisi yang kamu inginkan lalu pili “Shrink Volume“.
Tunggu beberapa saat ketika sistem mengkalkulasikan size yang dapat di bagi. Kemudian kamu dapat menentukan besarnya partisi yang ingin kamu buat, misalnya disini WinPoin ingin membuat size 5GB. Jadi pada bagian form pengisian size isi dengan angka 5000 (5000MB). Setelah selesai pilih “Shrink“.
Belum selesai sampai disitu akan muncul partisi baru yang masih Unallocated. Untuk bisa menggunakannya klik kanan lalu pilih “New Simple Volume“.
Lalu akan muncul Wizard pertama, pilih Next saja.
Setelah itu tentukan Volume yang diingikan pada partisi ini. Secara default form akan terisi jumlah maksimum volume, kamu bisa mengganti angkanya atau membiarkannya. Setelah selesai pilih Next.
Kemudian tahap selanjutnya adalah menentukan Drive letter atau path. Pilih Assign the following drive letter, setelah itu pilih menu dropdown untuk menentukan huruf yang diinginkan pada partisi baru nantinya. Setelah selesai memilih pilih Next.
Lalu agar bisa menggunakan partisi ini harus diformat terlebih dahulu. Dan sebelum memformatnya kamu bisa tentukan jenis File system, allocation unit size dan nama dari partisi tersebut. Dan pastikan kamu mencentang “Perform a Quick format” agar proses bisa lebih cepat. Jika sudah pilih Next.
Terakhir untuk rekap lagi apa yang sudah kamu setting sebelumnya, akan muncul sebuah window konfirmasi. Jika ada settingan yang ingin kamu ganti kamu bisa pilih Back, tetapi jika sudah benar pilih Finish.
Dan dengan begitu maka akan muncul Partisi baru. Kamu juga dapat langsung memindahkan data-data pada partisi sebelumnya ke partisi baru.

12. Apa fungsi BIOS pada komputer? 

Jawab:
 BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti memuat sistem operasi atau yang biasa disebut dengan istilah booting. BIOS juga bertugas menyediakan intruksi pada mikroprosessor untuk menyalakan komputer.

13. Bagaimana cara mengaupdate windows 7 yang baru diinstall?

Jawab:
Pastikan perangkat terhubung internet. Lalu masuk ke control panel pilih windows update dan klik download update, tunggu proses download dan restart.

14. Bagaimana cara mengatasi flashdisk yang tertular virus? 
Jawab:
Coba pasang program antivirus pada perangkat anda. jika masih terjangkit virus coba saja format flashdisk anda.

15. Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus? 
Jawab:
Pada desktop buka recycle bin dan cari file yang terhapus. klik restore.

16. OS mana yang lebih baik win. 7 atau win. 10?
Jawab:
Sebenarnya ini tergantung selera pemakai. Windows 7 lebih ringan dibanding windows 10, sehingga bagi pengguna perangkat yang speknya  terbilang rendah lebih baik menggunakan windows 7. Windows 10 memiliki interface yang modern dan lebih sederhana. jadi bagi pengguna perangkat yang menginginkan interface yang lebih baik, windows 10 direkomendasikan tetapi dengan sistem yang lebih berat dibanding windows 7.

17. Apa perbedaan usb 2.0 dan usb 3.0?
Jawab
Secara umum, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. Kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0. karena USB 3.0sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan).

18 Cara mengatasi Windows yang tidak ada pilihan sleep?
Jawab:
Biasanya terjadi pada laptop atau komputer yang baru diinstal ulang, cara mengatasinya bisa dengan menginstal drivernya atau mengupdate windows klik start-control panel- System and Security-windows update.

19. Bagaimana cara mengatasi speaker laptop yang volumenya mengecil?
Jawab:
> Langsung ke icon volume di taskbar, klik kanan -> klik Playback devices

Ada Speakers, klik kanan -> klik Properties

Ke tab Enhancements – centang Loudness Equalization – klik OK.

Kalau settingan awal saya Bass Boost (ini penyebab suara jadi kecil/lebih ngebass).

Sekarang tinggal di tes suara laptopnya.

20. Spesifikasi minimal laptop untuk bermain DOTA 2?
Jawab:
- OS: Windows 7

- Processor: Dual core from Intel or AMD at 2.8 GHz

- Memory: 4 GB RAM

- Graphics: nVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600

- DirectX: Version 9.0c

- Network: Broadband Internet Connection

- Hard Drive: 8 GB available space

- Sound Card: DirectX Compatible.



Terimakasih 




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TROUBLESHOOTING PADA LAPTOP

Assalamualaikum kawan .. Selamat datang di blog saya, kali ini saya akan memposting tentang Troubleshooting Pada Laptop. Jangan lupa kunjungi yak! Catatan Rizqi abdul rafi CARA MENGATASI LAPTOP YANG SERING OVERHEATING (TERLALU PANAS) Cara Mengatasi laptop yang sering Overheating , yaitu : 1. Masuk keControl Panel > system&security > Power opion > balanced 2. Pada tab power option klik "pocessor power management" 3. klik maximum processor kemudian perkecil processor dari 100% menjadi yang kita inginkan. Catatan Dimas priantoni (Kesimpulan) : Untuk memgatasi laptop yang cepat memanas atur "processor power management" untuk tidak mencapai 100% sehingga tidak terlalu cepat panas. CARA MEMPERBAIKI KEYBOARD LAPTOP YANG RUSAK TERKENA AIR Cara memperbaiki keyboard terkena air , yaitu : 1. Lepaskan keyboard dari laptop, lepaskan semua komponen yang ada pada keyboard. 2. Bersihkan menggunakan alkohol dan seka sampai

Sistem Operasi Komputer

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer contohnya dalam pembuatan artikel bahan kuliah. Menurut Wikipedia sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan